Monday, October 8, 2018

Pdum- Download Panduan Operator Proktor Madrasah.Pdf/Uambn-Bk 2018/2019

Tags

DOWNLOAD OPERATOR PROKTOR MADRASAH
  1. Tahapan PersiapanUntuk membuka aplikasi PDUM, terlebih dahulu pastikan anda terhubung dengan jaringan internet dan memiliki aplikasi browser menyerupai Mozila Firefox atau Google Chrome (disarankan memakai Google Chrome)

    1.1. Browser
    Langkah pertama anda harus membuka browser untuk memulai aplikasi ini anda dapat membukanya, melalui Google Chrome/Mozila Firefox)
    1.2. Akses PDUM dari Browser
    Untuk mengakses aplikasi Aplikasi PDUM yang pertama sesudah anda membuka Browser (Chrome, Firefox, dll), yaitu dengan masukan alamat APLIKASI PDUM: dengan memasukan alamat berikut ini, http://sikurma.kemenag.go.id/pdum/
    1.3. Login Aplikasi PDUM

    Hak kanal Pihak Madrasah yaitu sebagai proktor Madrasah, alasannya hak dan otoritas nya yaitu untuk mengatur data dan lalulintas pemakaian aplikasi Pangkalan Data Ujian Madrasah di tingkat Sekolah-sekolah. Sebagai operator pihak madrasah berikut yaitu langkah untuk mengakses halaman madrasah guna untuk menginput data aplikasi PDUM.
    Langkah-langkah Login ke dalam Aplikasi:
    1. Masukan username dan password user proktor
    2. Klik Login atau tekan Enter
    3. Kemudian jikalau pengguna lupa password, silahkan klik disini, maka akan tampil halaman sebagai berikut

           4. Silahkan masukan username proktor untuk mereset ulang password pengguna
2. Tahapan Penggunaan Aplikasi

2.1. Beranda Aplikasi
Setelah anda memasukan Username dan Password kemudian anda klik SIGN IN. Anda akan dihadapkan pada tampilan mukadimah penggunaan aplikasi PDUM.

Pada halaman mukadimah ini proktor madrasah silahkan mengikuti langkah langkah yang sudah disediakan mulai dari langkah 1 yaitu melengkapi data proktor, langkah 2 lengkapi data madrasah, langkah 3 upload data siswa, langkah 4 pengecekan data siswa dan langkah 5 cetak kartu ujian siswa. Untuk tahapan-tahapan lebih lengkap akan di jelaskan berikut ini.
2.2. Langkah 1 Melengkapi Data Proktor
Menu Data Pengguna, berfungsi untuk mengelola profil proktor madrasah yang dapat mengakses aplikasi PDUM, guna untuk memudahkan menganalisa proktor, dalam penggunaan aplikasi PDUM.

2.2. Langkah 2 Melengkapi Data Madrasah
Pada sajian ini user proktor melengkapi data madrasah dengan mengisi form form yang sudah di sediakan, menyerupai data umum, data pelaksanaan UAMBN, data kepala madrasah, dan data operator madrasah proktor.berikut tampilan halaman sajian sebagai berikut.

2.3. Langkah 3 Upload Peserta

Upload data akseptor yaitu sajian untuk mengupload data siswa yang mengikuti ujian UAMBN baik UAMBN-BK atau UAMBN-KP melalui format excell yang sudah disediakan dan tidak di perkenankan untuk merubah-rubah kembali format tersebut, sehingga dapat menghemat waktu alasannya tidak menginputkan data siswa satu-satu.

2.4. Langkah 4 Cek Data Siswa

Daftar data siswa pada aplikasi PDUM bersumber dari pihak madrasah yang telah menginputkan terlebih dahulu data siswa yang mengikuti ujian UAMBN baik UAMBN-BK atau UAMBN-KP.

2.5. Langkah 5 Cetak Kartu
Menu cetak kartu berfungsi untuk mencetak kartu akseptor UAMBN selain di aplikasi PDUM cetak kartu juga dapat di lakukan di aplikasi offline UAMBNBK jikalau sudah melaksanakan sinkronisasi data. Berikut tampilan halaman sajian cetak kartu tersebut.







Sumber http://jamuneblog.blogspot.com


EmoticonEmoticon