Monday, May 14, 2018

√ 18 Software Merekam Kegiatan Di Layar Komputer / Laptop (Fitur-Fiturnya)

Tags

Terdapat banyak software yang bisa Anda gunakan untuk merekam kegiatan di layar desktop komputer atau laptop. Langsung saja berikut di bawah ini software-softwarenya:

1. Software aTube Catcher

aTube Catcher sebuah software yang sanggup anda gunakan untuk melaksanakan kegiatan merekam. Dengan aplikasi ini anda sanggup merekam kegiatan di layar dekstop komputer / laptop.

Sehingga aplikasi aTube Catcher ini akan sangat mempunyai kegunaan apabila kita ingin menciptakan sebuah tutorial dalam bentuk video. Atau juga sanggup dipakai untuk tujuan selain menciptakan tutorial. Aplikasi aTube Catcher ini dibentuk oleh developer Diego Uscanga.

 Terdapat banyak software yang bisa Anda gunakan untuk merekam kegiatan di layar desktop  √ 18 Software Merekam Aktivitas di Layar Komputer / Laptop (Fitur-fiturnya)

Sehingga fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi aTube Catcher ini cukup menarik dan sanggup mempunyai kegunaan untuk anda dalam banyak kebutuhan.

Termasuk kemudahan untuk sanggup merekam aktifitas di layar komputer. Selain itu masih terdapat fitur dan kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi aTube Catcher ini.

Kelebihan dan fitur yang dimiliki software aTube Catcher:
1. Fitur built-in Screen Recorder berfungsi untuk menangkap atau merekam gambar yang dilihat pada layar dalam bentuk video, bahkan juga bisa mengambil gambar pada sesi video chat dari Windows Live Messenger, Yahoo Messenger, film DVD, Webinars, dan lainnya.

2. Mengkonversi format video, dan dengan fitur ini anda akan diberikan pilihan yang lengkap dalam mengatur format video yang ingin anda d0wnl0ad, dan juga mengkonversi format file video tersebut..

3. Menggabungkan beberapa jenis video, mengatur dengan bebas video yang digabungkan menjadi format yang anda inginkan.Anda sanggup menciptakan kreasi dengan menggabungkan beberapa video yang sesuai keinginan.

4. Membakar (burning) video DVD / VCD dengan gampang tanpa menggunakan software pihak ketiga lainnya.

5. Fitur Monitor Clipboard berfungsi untuk menyimpan sejarah (riwayat) link, yang disalin ke clipboard Anda. Fasilitas pada aplikasi ini sanggup mempunyai kegunaan untuk melihat riwayat sejarah kebelakang yang secara otomatis dicatat di Clipboard.

6. Mengekspor konten multimedia ke komputer atau perangkat mobile Anda lainnya, iPad, IPOD, PSP, perangkat GPS, MP4 Players, Cell Phone, Android perangkat, DVD, VCD, MP3, serta Iphone.

7. Mendukung banyak sekali banyak format yang ingin anda d0wnl0ad pada situs-situs media video, ibarat 3GP, 3G2, AVI, XviD, MP4, MP3, MP2, WMA, WMV, GIF, FLAC, WAV, PSP, MPG, VOB, OGG, MOV, AVI.

Kelemahan aTube Catcher
Dikutip dari laman Cnet.com, ada review dari seorang pengguna aTube Catcher dengan akun “robjohns17’, menjelaskan bahwa fungsi aTube Catcher dalam merekam bunyi adakala bekerja, adakala tidak, baik itu dalam merekam video ataupun hanya merekam suara.

“robjohns17” menilai baik aTube Catcher sebagai alat rekaman gratis, tetapi tidak dianjurkan untuk diandalkan.

Link d0wnl0ad aTube Catcher: https://atube-catcher.en.softonic.com/d0wnl0ad
Lisensi: Gratis

2. Open Broadcaster Software (OBS)

Software Open Broadcaster merupakan software perekem yang open Source dan multi-platform. Bisa dipakai di Windows, OSX dan GNU/Linux. Dengannya, Anda bisa merekam video ataupun broadcast video ke banyak sekali situs online secara pribadi (live streaming).

 Terdapat banyak software yang bisa Anda gunakan untuk merekam kegiatan di layar desktop  √ 18 Software Merekam Aktivitas di Layar Komputer / Laptop (Fitur-fiturnya)
Open Broadcaster Software | Sumber gambar: Watfile.com

Open Broadcaster bisa dipakai untuk merekam game. Dalam merekam dikala bermain game, Anda bisa mengatur aspek rasio, menangkap atau tidak gerakan mouse, dan meregangkan gambar untuk layar.

Dari kualitas video yang disimpan, OBS merekam video tanpa lag, dengan bunyi yang tepat dan ukuran file yang kecil.

Dalam pengaturan audio tweak, maka Anda bisa menentukan untuk menggunakan AAC atau MP3 codec, selain itu Anda bisa menentukan tingkat bitrate dan saluran (mono, stereo).

Ketika Anda merekam video, Anda bisa sekalian merekam dari mikrofon yang masuk (tersambung). Sehingga dengan cara ini, maka Anda bisa menawarkan komentar bunyi secara pribadi dari video yang dibuat.

Sebagai kesimpulan, software Open Broadcaster bisa Anda gunakan untuk:
  • Merekam layar desktop komputer / laptop, baik seluruhnya ataupun area tertentu.
  • Bisa memodifikasi secara pribadi untuk setting pecahan area rekaman.
  • Merekam bunyi dari internal microphone maupun external microphone, 
  • Merekam webcam bawaan dari laptop ataupun merekam webcam external. 
  • Menambahkan teks dan gambar pada live streaming. 
  • Save alhasil dalam format MP4 atau FLV.

Software Open Broadcaster bisa dipakai di sistem operasi Windows 8, Windows 7 32-bit dan 64-bit, Windows XP, Vista.

Kekurangan software Open Broadcaster 
Ketika mulai merekam, tidak ditemukan indikator pada aplikasi untuk memperlihatkan bahwa proses merekam dimulai.

Situs resmi Open Broadcaster: https://obsproject.com
Lisensi: Gratis


3. Software WM Capture

 Terdapat banyak software yang bisa Anda gunakan untuk merekam kegiatan di layar desktop  √ 18 Software Merekam Aktivitas di Layar Komputer / Laptop (Fitur-fiturnya)
Tampilan Software WM Capture | Sumber gambar: Informer.com

WM Capture bisa anda gunakan untuk merekam video pada pecahan layar tertentu, serta mempunyai kemampuan “schedule recording”, yang menciptakan Anda sanggup menjadwalkan kapan layar komputer memulai proses rekaman.

Dengan begitu, Anda sanggup setting semoga WM Capture semoga bisa berjalan otomatis, hal ini mempunyai kegunaan ibarat dikala merekam acara live streaming dimana anda sedang tidak menontonnya. Adapun hasil file video nantinya bisa disimpan dalam bentuk AVI, MPEG, WMV, DVD-ISO, dan lainnya.

Anda juga bisa menggunakan software wm Capture untuk merekam sesi video chat. Kualitas super frame rate yang tinggi menciptakan video hasil rekaman mempunyai kualitas terbaik.

Terdapat fitur modus (background) latar belakang sehingga membebaskan monitor dari gangguan dikala merekam. Sehingga Anda bisa lebih gampang merekam video game dan konten streaming. WM Capture juga mempunyai fitur yan secara otomatis sanggup mendeteksi jendela video.

Kelemahan Software WM Capture
Situs Toptenreviews.com menyebutkan kelemahan dari software WM Capture, yaitu:

1. Tidak mempunyai tool apapun untuk mengedit atau meningkatkan kualitas rekaman, sehabis Anda gres saja merekam video. Sehingga kalau Anda ingin mengedit maka perlu menginstal software editing video.

2. Selama fase pengujian oleh pihak Toptenreviews.com, menguji dengan menciptakan proyek video yang identik menggunakan setiap acara capture video. Ahli video melaksanakan perbandingan rekaman terhadap satu sama lainnya, dan materi sumber aslinya.

Para penguji menemukan bahwa hasil video yang dibentuk oleh software WM Capture yakni diantara yang terburuk dari produk yang diujikan.

3. Software WM Capture terkadang mengalami crash (close secara otomatis) ketika dipakai untuk merekam. Yang mengharuskan pengguna untuk membuka kembali acara WM Capture, dan memulai rekaman dari awal.

Situs Resmi WM Capture
Lisensi: Berbayar

4. Software XSplit Gamecaster

 Terdapat banyak software yang bisa Anda gunakan untuk merekam kegiatan di layar desktop  √ 18 Software Merekam Aktivitas di Layar Komputer / Laptop (Fitur-fiturnya)

Software XSplit Gamecaster dinilai mempunyai fitur streaming yang sangat bagus. XSplit bisa diandalkan untuk menayangkan streaming dikala sedang bermain game.

Kemampuan XSplit bisa dengan baik mengonfigurasi pengaturan sesuai dengan kondisi laptop yang digunakan.

Berdasarkan sebuah review, bahwa satu problem pada XSplit Gamecaster yakni bahwa Anda tidak mendapat fitur untuk mengatur frame rate secara kustom. Anda sanggup menentukan dari standar set angka, yaitu nilai 60 fps menjadi max.

Kurangnya fitur ini sangat disayangkan, sebagai cara untuk mengoptimalkan kualitas video tentunya harus disediakan pengaturan perekaman yang lengkap. Dimana frame rate maksimum yang lebih tinggi maka akan menjadi lebih menyenangkan untuk mengedit nanti, dan kualitas video akan sangat baik.

Dengan software XSplit Gamecaster, Anda bisa merekam dan streaming, namun pilihan dalam rekaman dan pengaturan terbatas.

Situs Resmi: https://www.xsplit.com
Lisensi: Berbayar

5. Software Ezvid Video Maker

 Terdapat banyak software yang bisa Anda gunakan untuk merekam kegiatan di layar desktop  √ 18 Software Merekam Aktivitas di Layar Komputer / Laptop (Fitur-fiturnya)

Ezvid Video Maker bisa Anda gunakan untuk merekam layar desktop komputer dengan resolusi tinggi. Anda juga bisa merekam pada area layar tertentu yang sesuai keinginan. Dalam proses rekaman, bisa menyimpan secara otomatis video.

Tersedia fitur merekam bunyi sendiri menggunakan pertolongan microphone. Anda juga bisa menggunakan software Ezvid Video Maker untuk menciptakan gambar bergerak (slideshow) dengan capture yang bagus.

Selain itu, terdapat fitur voice synthesis yang gunanya bisa menimbulkan hasil rekaman lebih jernih. Software perekam ini juga bisa anda gunakan untuk menciptakan tutorial software, desain dan semacamnya.

Kekurangan dari Ezvid Video Maker yaitu durasi proses perekaman maksimalnya hanya 45 menit saja. Selain itu, dalam proses perekaman tidak ada pengaturan yang detail (lebih lanjut).

Situs resmi: https://www.ezvid.com/d0wnl0ad
Lisensi: Gratis

loading...

6. Software Atomi ActivePresenter

Atomi ActivePresenter bisa Anda gunakan untuk mengambil atau capture pecahan tertentu atau seluruh dari layar desktop dengan kualitas video yang cukup bagus.

 Terdapat banyak software yang bisa Anda gunakan untuk merekam kegiatan di layar desktop  √ 18 Software Merekam Aktivitas di Layar Komputer / Laptop (Fitur-fiturnya)

Atomi ActivePresenter merupakan software perekam layar yang minimalis, dengannya Anda bisa menciptakan video dengan resolusi tinggi.

Padanya terdapat tool yang bisa anda gunakan ibarat tool untuk menciptakan imbas bayangan, melaksanakan dekorasi screencasts dengan styles, dan menawarkan imbas warna.

Fitur lainnya yaitu bisa mengatur frame rate dan mengatur sample rate untuk audio.

Selain itu, terdapat tool editing yang bisa dilakukan sehabis gres saja selesai melaksanakan perekaman, berupa:
  • Memotong pecahan tertentu dari video.
  • Meng-overlays video.
  • Meng-cropping video.
  • Menyesuaikan tingkat volume
  • Memberikan imbas blur.

Untuk hasil rekaman sanggup disimpan dalam format FLV, MP4, AVI, WMV, WebM dan MKV. Anda bisa menambahkan teks ke dalam video.

Kekurangan Atomi ActivePresenter:
Pada versi gratis, muncul watermark (logo produk) pada video yang Anda buat, sehingga mengurangi keindahan video.

Kesimpulan
Pcadvisor.co.uk menyimpulkan bahwa Atomi ActivePresenter merupakan software yang sangat ampuh untuk menciptakan video demonstrasi, presentasi dan banyak lainnya.

Situs Resmi: http://atomisystems.com/activepresenter/free-edition
Lisensi: Gratis dan Berbayar

7. Software Icecream Screen Recorder

Icecream Screen Recorder bisa Anda guakan untuk merekam seluruh pecahan atau pecahan tertentu dari layar dekstop komputer / laptop. Anda bisa menggunakannya untuk merekam video call, merekam webinar yang sedang berlangsung, merekam permainan game dan lainnya.

 Terdapat banyak software yang bisa Anda gunakan untuk merekam kegiatan di layar desktop  √ 18 Software Merekam Aktivitas di Layar Komputer / Laptop (Fitur-fiturnya)

Fitur-fiturnya:
  1. Hasil rekaman bisa disimpan dalam format MP4, MKV atau format WebM (untuk versi berbayar).
  2. Bisa merekam menggunakan webcam bersamaan dengan merekam layar.
  3. Bisa merekam audio bersamaan dengan video.
  4. Bisa menggambar di layar dikala melaksanakan proses merekam layar dekstop.
  5. Terdapat fitur screenshot yang disimpan dalam ekstensi JPG atau PNG.
  6. Terdapat fitur Project History, yang kegunaannya semoga Anda bisa mengakses secara cepat pada gambar dan video yang pernah diambil sebelumnya.

Kekurangan Icecream Screen Recorder:
  1. Laman Dealarious.com menyebutkan bahwa kalau Anda hanya menggunakan software Icecream Screen Recorder yang versi free, maka Anda hanya diberikan waktu 10 menit untuk setiap sesi perekaman layar. 
  2. Selain itu, pada versi gratis Anda hanya bisa menyimpan hasil rekaman dalam format WEBM
  3. Tool pengeditan video hasil rekaman biasa saja, tidak ada yang mengesankan.

Jika Anda ingin merekam sesuatu dalam durasi panjang, maka software Icecream Screen Recorder ini tidak direkomendasikan untuk digunakan.

Situr resmi: http://icecreamapps.com/Screen-Recorder
Lisensi: Gratis dan Berbayar

8. Software Bandicam Screen Recorder

Bandicam Screen Recorder bisa dipakai untuk merekam game yang sedang dimainkan, merekam video streaming dan lainnya.

 Terdapat banyak software yang bisa Anda gunakan untuk merekam kegiatan di layar desktop  √ 18 Software Merekam Aktivitas di Layar Komputer / Laptop (Fitur-fiturnya)

Yang menarik bahwa terdapat fitur yang menawarkan Anda pilihan untuk mengatifkan mode, yaitu Gaming mode, Screen recording mode, dan Device recording mode. Hal ini bergun supaya proses perekaman bisa berjalan dengan optimal.

Fitur software Bandicam Screen Recorder:
  1. Hasil perekaman bisa disimpan dalam format MP4 dan AVI.
  2. Terdapat fitur live drawing, yang bisa dipakai untuk menggambar area dalam layar ketika proses perekaman sedang berlangsung.
  3. Anda sanggup menambahkan imbas klik mouse, yaitu setting bunyi mouse yang sedang di-klik dan setting animasi.
  4. Terdapat kemudahan untuk memaksimalkan proses perekaman dengan menggunakan akselerasi hardware (tergantung spec dari komputer / laptop yang dimiliki).

Review dari laman Toptenreviews.com, Bandicam Screen Recorder mempunyai frame rate maksimum 120 fps. Namun, Kami melihat terkadang terjadi lag dikala menyimpan video selama bermain game.

Situs resmi: https://www.bandicam.com/free-screen-recorder
Lisensi: Gratis


9. Software Screenpresso

Screenpresso bisa dipakai untuk merekam layar desktop, serta bisa dipakai untuk menciptakan video HD. Screenpresso yakni perekam layar terbaik untuk versi premium, tapi penggunaan versi gratis tetap tersedia. Pengguna versi gratis akan memperoleh fitur standar yang masih dipakai merekam seluruh layar.

Fitur-fiturnya:
  1. Hasil perekaman bisa disimpan dalam format MP4, OGG WMV dan WebM.
  2. Bisa melaksanakan perekaman audio dan webcam bersama dengan layar.
  3. Anda bisa menambahkan teks dan gambar.

Kekurangan Screenpresso:
  1. Untuk penggunaan versi gratis, Cuma bisa merekam dengan durasi 3 menit.
  2. Watermark logo software tidak bisa dihapus bagi pengguna versi gratis.
  3. Tool mengedit video tidak istimewa. Hal ini menciptakan Anda nantinya akan memerlukan aplikasi mengedit video pihak ketiga
  4. Tidak ada pilihan untuk menyesuaikan pengaturan audio.
  5. Tim penguji dari Toptenreviews.com mengungkapkan bahwa pada software Screenpresso, kualitas video biasa-biasa saja. Ahli video meneliti proyek uji pada video hasil rekamannya, dan menemukan beberapa problem dengan pikselasi (noda berupa blok kecil atau titik).

Situs Resmi: http://www.screenpresso.com
Lisensi: Gratis dan Berbayar

10. Software Nvidia GeForce Shadowplay

ShadowPlay sebetulnya merupakan hardware accelerated screen recording yang menggunakan GPU GeForce, yang diproduksi oleh Nvidia. Hal yag sangat menarik dari ShadowPlay yaitu kemampuan untuk melaksanakan perekaman mundur hingga 20 menit ke belakang. Cukup unik kan?

Pengguna hanya perlu menekan shortcut, dengan begitu graphics card akan melaksanakan perekaman pada kegiatan 20 menit terakhir.

Sehingga segala momen berharga dan penting yang gres saja Anda lewati tenyata masih bisa untuk diabadikan (direkam), nantinya hasil perekaman akan disimpan dalam format MP4.

Link d0wnl0ad: https://nvidia-geforce-shadowplay.en.softonic.com

Laman Softonic.com menyebutkan bahwa kerja Nvidia GeForce Shadowplay tidak stabil.

11. Software Action!

Software Action! bisa Anda gunakan untuk melaksanakan streaming secara real-time, hasil rekaman video juga tersedia dalam bentuk HD. Hal yang bisa Anda lakukan dengan software Action! yaitu merekam video, merekam bunyi dan mengambil gambar (screenshot).

 Terdapat banyak software yang bisa Anda gunakan untuk merekam kegiatan di layar desktop  √ 18 Software Merekam Aktivitas di Layar Komputer / Laptop (Fitur-fiturnya)
Lihat screenshot lainnya dari software Action! di Mirillis.com/action-screenshots

Sebelum merekam dalam bentuk video, Anda bisa sebelumnya setting resolusi video yang maksimalnya yakni 1080p. Hasil format video dari perekaman yakni MP4 dan AVI.

Tim penguji dari Toptenreviews.com menyebutkan bahwa penggunaan software Action! tidak mengakibatkan lag, sehingga hambatan lag dalam merekam (terutama dikala berman game) resikonya kecil.

Anda sanggup merekam hingga 120 fps, hanya perlu diingat besarnya frame rate akan menghasilkan ukuran file yang jauh lebih besar.

Alasan yang paling utama untuk merekam dengan fps rate yang tinggi (lebih dari 60 fps) yaitu semoga bisa mempunyai kontrol yang lebih, yaitu dikala mengedit yang salahnya satunya ibarat menggunakan imbas slow-motion.

Hanya saja pihak penguji kecewa alasannya yakni tidak tersedia pilihan untuk mengatur frame rate secara kustom, dimana Anda hanya bisa menentukan dari satu set nilai yang telah ditetapkan oleh software.

Situs Resmi: https://mirillis.com/en/products/action.html
Lisensi: Berbayar

loading...

12. Software Dxtory

Dxtory merupakan software perekam yang ringan dengan desain dan penggunaan yang simple. Pengaturan audionya bisa merekam dua bunyi secara bersamaan, misalnya yaitu merekam bunyi dari game dan bunyi Anda secara bersamaan. Yang kemudian bisa diedit secara terpisah.

Salah satu fitur terbaiknya yakni bisa merekam video hingga 120 frame per detik (fps). Fps tinggi menawarkan bantuan untuk kualitas video secara keseluruhan, serta menciptakan tampilan video sangat halus.

Namun sayangnya, meskipun frame rate-nya tinggi, hasil tes Toptenreviews.com menemukan bahwa terjadinya lag ketika merekam selama bermain game. Tapi lag ini bisa diminimalisir kalau Anda mempunyai PC dengan kualitas high-end.

Sebagai kesimpulan, bahwa Dxtory yakni software perekaman game yang berpengaruh dan serbaguna, tetapi juga bisa sulit untuk digunakan.

Situs Resmi: http://exkode.com/dxtory-features-en.html
Lisensi: Berbayar

13. Software Jing

Software Jing bisa Anda gunakan untuk merekam aktifitas layar komputer dengan fitur editing standar yang memudahkan Anda dalam menciptakan video tutorial atau presentasi.

 Terdapat banyak software yang bisa Anda gunakan untuk merekam kegiatan di layar desktop  √ 18 Software Merekam Aktivitas di Layar Komputer / Laptop (Fitur-fiturnya)

Menggunakan Jing untuk merekam video atau screenshot cukup mudah. Pada hasil video yang dihasilkan (lima menit atau kurang) bisa Anda simpan dalam format SWF (flash).

Untuk penggunaan versi gratis maka akan muncul logo atau watermask milik software jing yang bisa menganggu keindahan video.

Untuk menggunakan software Jing maka Anda diharuskan untuk memasang acara Microsoft .NET Framework 3.0.

Situs Resmi: https://www.techsmith.com/d0wnl0ad/jing
Lisensi: Gratis dan Berbayar

14. Software PlayClaw

Software PlayClaw sanggup Anda dipakai untuk merekam / capture pada game yang sedang dimainkan. Software playClaw didesain khusus untuk para gamer yang sepertinya ingin membagikan tips dan trik dalam memenangkan sebuah game. Baik itu jenis game offline maupun online, Anda bisa menggunakan PlayClaw untuk mengabadikan momen tertentu dikala bermain game.

 Terdapat banyak software yang bisa Anda gunakan untuk merekam kegiatan di layar desktop  √ 18 Software Merekam Aktivitas di Layar Komputer / Laptop (Fitur-fiturnya)

Dari hasil uji Toptenreviews.com, peneliti merasa bahagia dengan betapa sedikitnya PlayClaw menghipnotis kinerja dalam game. Saat merekam video 1080p, hanya tercatat penurunan kinerja hanya 9 persen. Ini sangat baik dibanding rata-rata untuk semua software perekam.

Namun, pada pengujian rekaman video di 720p mengalami penurunan kinerja sebesar 13 persen pada game yang sedang dimainkan.

PlayClaw dinilai sangat konsisten sebagai software merekam video game. PlayClaw mempunyai sebagian besar alat rekaman yang dicari pada proses perekaman game. PlayClaw bisa menangkap audio dari 16 sumber.

Anda bisa mengontrol tingkat volume pada semua input audio. Dalam merekam, perlu diingat bahwa rate kualitas perekaman yang sangat tinggi berarti hasil file video bisa sangat besar.

Kelebihan: Memiliki dampak yang relatif ringan pada kinerja dalam game ketika sedang merekam.

Kekurangan: Tidak bisa merekam setiap elemen browser dengan software ini.

Situs Resmi: https://www.playclaw.com/d0wnl0ad
Lisensi: Berbayar

15. Software Wink

Wink screen capture bisa Anda gunakan untuk menciptakan tutorial ataupun video presentasi. Anda bisa menambahkan teks, suara, dll.

Wink Screen Recording dikenal dipakai untuk menciptakan presentasi dan video tutorial. Terdapat tool yang mempunyai kegunaan di dalamnya. Wink sanggup juga mengekspor tutorial Anda ke dalam bentuk flash, PDF, HTML, dan bahkan executable flash.

Software ini dinilai gampang dipakai dan mempunyai fungsionalitas cukup untuk menciptakan tutorial terlihat dengan baik. Kekurangan software Wink tidak mempunyai fitur zoom dan menciptakan efek.

Link d0wnl0ad: http://d0wnl0ad.cnet.com/Wink/3000-6675_4-10418814.html
Lisensi: Gratis

16. Software CamStudio

CamStudio bisa Anda gunakan untuk merakam aktifitas desktop, baik bunyi dari mic ataupun dari komputer. Adapun hasil dari perekaman bisa disimpan dalam bentuk AVI dan .swf.

CamStudio menawarkan Anda fleksibilitas. Memungkinkan Anda untuk bisa menentukan dari sejumlah codec dan terdapat fitur otomatis untuk menyesuaikan pengaturan untuk frame rate. Anda bisa menangkap frame setiap 5 milidetik hingga sekali per menit.

CamStudio juga menawarkan fitur rekaman bunyi dengan kemampuan interleave, dan fitur otomatis menciptakan video recording mengikuti kursor mouse.

Situs Resmi: http://camstudio.org
Lisensi: Gratis

17. Software HyperCam

HyperCam bisa dipakai untuk merekam aktifitas dekstop dan menyimpannya dalam format AVI, Anda sanggup mengambil bunyi dari microphone atau komputer. Hal yang cukup nagus bahwa frame sanggup diganti selama perekaman.

Anda bisa memasukan komentar pada setiap pecahan dari desktop. Beberapa hal yang bisa Anda atur yaitu font, ukuran, posisi layar, warna bingkai, dan warna latar belakang.

Besarnya file output rekaman bisa Anda sesuaikan dengan mengubah frame rate, dan Anda juga bisa menentukan kompresor video yang ingin digunakan.

Link d0wnl0ad: http://www.softpedia.com/get/Multimedia/Video/Video-Recording/HyperCam.shtml
Lisensi: Gratis

18. Windows 10 Game Bar

Untuk Anda yang menggunakan sistem operasi Windows 10 maka tidak lagi mengalami kesulitan untuk merekam layar desktop. Hal itu alasannya yakni pada Windows 10 sudah dilengkapi dengan sebuah kemudahan yang diberi nama Windows 10 Game Bar.

 Terdapat banyak software yang bisa Anda gunakan untuk merekam kegiatan di layar desktop  √ 18 Software Merekam Aktivitas di Layar Komputer / Laptop (Fitur-fiturnya)
Photo credit: Xbox.com

Kegunaannya yaitu untuk merekam layar, anda bisa merekam satu jendela saja sehingga jendela lain tidak ikut terekam ketika dibuka.

Hal yang cukup anggun bahwa hasil video rekaman tidak berukuran terlalu besar. Untuk penggunannya hanya tekan Windows + G pada layar jendela yang ingin direkam.

Semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

Sumber http://www.freshbugar.com